Deskripsi singkat :
Didalam mata kuliah Konservasi dan PSDH (Pengelolaan Sumber Daya Hayati) ini mahasiswa diberikan pengertian-pengertian tentang : penciptaan alam semesta serta penyediaan sumber daya bagi manusia, kewajiban bersyukur atas karunia sumber daya alam hayati dan bersabar atas keterbatasan, pembagian sumberdaya alam hayati dan non hayati, mekanisme hilangnya / pemiskinan sumberdaya alam hayati, prinsip-prinsip dan strategi konservasi dan pengelolaan sumber daya hayati, upaya konservasi dan PSDH (Pengelolaan Sumber Daya Hayati) di kawasan lindung, dan meningkatkan kapasitas manusia guna melestarikan sumberdaya alam hayati.
Standar Kompetensi :
Menanamkan pengertian kepada mahasiswa akan pentingnya : bersyukur kepada Rabb yang menyediakan sumber daya untuk manusia, konservasi dan PSDH (Pengelolaan Sumber Daya Hayati) sehingga sumberdaya alam hayati dapat tetap lestari bagi generasi sekarang maupun yang akan datang.
Dasar Kompetensi :
Setelah selesai mengikuti mata kuliah Konservasi dan PSDH (Pengelolaan Sumber Daya Hayati)ini diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan tentang :
- Kewajiban mengenal Pencipta Alam Semesta, bersyukur atas pemberiannya, dan bersabar atas keterbatasan yang ada.
- Pengertian sumberdaya alam hayati dan non hayati dan mekanisme hilangnya keanekaragaman hayati.
- Prinsip-prinsip konservasi dan pengelolaan sumber daya hayati
- Strategi konservasi dan pengelolaan sumber daya hayati
- Kawasan Lindung di setiap ekosistemdan upaya konservasi dan PSDH (Pengelolaan Sumber Daya Hayati) di kawasan lindung,
- Pengenalan penduduk setempat dan hubungannya dengan kawasan lindung.
- Meningkatkan kapasitas manusia guna melestarikan sumberdaya alam hayati.
PEMBAGIAN KELOMPOK DISKUSI MK Konservasi dan PSDH
Kelompok 1 : Pengertian sumberdaya alam hayati dan non hayati dan mekanisme hilangnya keanekaragaman hayati. Kelompok 2 : Prinsip-prinsip konservasi dan pengelolaan sumber daya hayati Kelompok 3 : Strategi konservasi dan pengelolaan sumber daya hayati Kelompok 4 :Kawasan Lindung di setiap ekosistemdan upaya konservasi dan PSDH (Pengelolaan Sumber Daya Hayati) di kawasan lindung, Kelompok 5 : Pengenalan penduduk setempat dan hubungannya dengan kawasan lindung. Kelompok 6 : Meningkatkan kapasitas manusia guna melestarikan sumberdaya alam hayati. |
Rencana Kegiatan :
Minggu 1 : Pendahuluan, Silabus, Kontrak Kerja, dan Perencanaan Praktikum
Minggu 2 : Presentasi mengenai : Penciptaan Alam Semesta, bersyukur atas pemberiannya, dan bersabar atas keterbatasan yang ada
Minggu 3 : Diskusi kelompok 1 sd kelompok 6 : Presentasi
Minggu 4 : Identifikasi konservasi dan pengelolaan sumber daya hayati (Studi Kasus di Kabupaten Tanah Laut)
Minggu 5. Analisis deskriptif dan SWOT konservasi dan pengelolaan sumber daya hayati (Studi Kasus di Kabupaten Tanah Laut)
Minggu 6. Perencanaan konservasi dan pengelolaan sumber daya hayati (Studi Kasus di Kabupaten Tanah Laut)
Minggu 7 : Praktik konservasi dan pengelolaan sumber daya hayati (Studi Kasus di Kabupaten Tanah Laut)
Referensi :
- Al-Quran dan Terjemahan. Departemen Agama, Republik Indonesia.
- Abdurrahim. U.A.A. 2015. Ilmu Pengetahuan Alam Dalam Al Qur’an dan Hadits. ISBN. 978-979-153070-7-0. Cetakan Pertama. Penerbit Hikmah Anak Sholih, Yogyakarta.
- Anonim. 1995. Strategi Keanekaragaman Hayati Global. Gramedia . Jakarta;
- Hardjo Soemantri. 1991. Konservasi SDAH dan Ekosistemnya. UGM. Yogyakarta;
- John and Kathy Mac Kinnon. 1993. Pengelolaan Kawasan Yang dilindungi Di
Daerah Tropis. Gajah Mada Press. Yogyakarta; - Soerianegara I. 1998. Pengelolaan Sumberdaya Alam. Dan Lingkungan . IPB.
Bogor; - Mangunjaya, F.M. 2006. Hidup Harmonis dengan Alam. Esai esai Pembangunan
Lingkungan, Konservasi dan Keanekaragaman Hayati. Yayasan Obor Indonesia. - Mochamad Indrawan, Richard B. Primack dan Jatna Supriatna. 2007. Biologi
Yayasan Obor Indonesia. -
Kadarsah, A. 2015. Waterbirds Biodiversity And Attendance In Rhizophora Sp. Mangrove Stands Of Varying Planting Ages. TWJ VOLUME 1 No.1 NOVEMBER 2015 ISSN : 2338-7653. http://twj.unlam.ac.id/index.php/twj/article/download/7/6.
-
Kadarsah, A., dan Krisdianto. (2016). Identification And Characterization Of Anthropogenic Activities And Its Effect On Wetlands Ecological Functions : Simulation Case Of Riam Kanan River In Banjar District. Presented at International Conference of the Society for Indonesian Biodiversity (ICB). May 29, 2016. Padjadjaran University, Bandung. Alamat : http://biodiversitas.mipa.uns.ac.id/S/gen/pdf/A0304aaALL.pdf.
-
Kadarsah, A. & Susilawati, I. O. (2018). Kajian Perbandingan Luas Pekarangan dan Kearifan Lokal Jenis Tanaman Obat di Pesisir pantai Kabupaten Tanah Laut. Jurnal Biodjati, 3 (1), 36-46.
Tugas tambahan :
- Silakan klik tautan berikut ini untuk mengisi biodata terkait materi kuliah Konservasi dan Pengelolaan Sumber Daya Hayati!
- Jangan lupa berikan komentar terkait tulisan pada website ini!
Penilaian :
NO | KOMPONEN | PERSENTASE | PENGAJAR |
1 | TUGAS 1 | 10 | ANANG KADARSAH,S.Si.,M.Si. |
2 | UTS 1 | 20 | ANANG KADARSAH,S.Si.,M.Si. |
3 | PRAKTIKUM 1 | 20 | ANANG KADARSAH,S.Si.,M.Si. |
4 | TUGAS 2 | 10 | DR. DRS. KRISDIANTO, M.Sc. |
5 | PRAKTIKUM 2 | 20 | DR. DRS. KRISDIANTO, M.Sc. |
6 | UAS | 20 | DR. DRS. KRISDIANTO, M.Sc. |
TOTAL | 100 |
Penjelasan mengenai kontrak perkuliahan nya sangat jelas, dan materi pendukung kegiatan perkuliahan sudah tersedia sehingga mahasiswa dapat mempelajarinya sebelum perkuliahan dimulai.
SukaSuka
Kontrak perkuliahan sudah jelas dan materi-materinya sudah tersedia sehingga mahasiswa bisa mengaksesnya sebelum perkuliahan semoga perkuliahan dapat berjalan dengan lancar
SukaSuka
Penjelasan mengenai kontrak perkuliahan cukup jelas sehingga mahasiswa dapat mengetahui bab apa saja yang dipelajari
SukaSuka
Terimakasih pak sdh djabarkan scr rinci penjlasan tentang matakuliah ini. Sangt membantu mahasiswa dan mempermudah
SukaSuka
Materi tentang pengertian konservasi PSDH serta rencana” kegiatan sudah jelas sehingga dapat mempermudah mahasiawa mengerti tentang mata kuliah ini sebelum masuk kedalam materi selanjutnya
SukaSuka
Untuk penjabaran kontrak kuliah sudah jelas, dan materi pada website ini tersedia dgn lengkap sehingga mahasiswa dapat mempelajarinya dengan mudah.
SukaSuka
Seperti yang sudah disebutkan teman-teman, untuk penjabaran kontrak kuliah KPSDH sudah sangat jelas dan tersusun sistematik. Jadi, mudah-mudahan perkuliahan KPSDH nanti dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana kegiatan yang telah disusun
SukaSuka
Alhamdullilah untuk kontrak perkuliahan ini sudah jelas dan materinya, jadi mahasiswa dapat mengakses materi sebelum perkuliahan dimulai dan mahasiswa dapat mempelajari dengan mudah dan paham mengenai materi yang di berikan
SukaSuka