RPKPS (RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER)
- Nama Mata Kuliah : Ekologi Dasar
- Kode/SKS : JCKK 132/ KULIAH/PRAKTIKUM 3/1
- Prasyarat : Biologi Umum JCKK 111
- Status Mata Kuliah : WAJIB
- Deskripsi Singkat Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas tentang apakah ekologi itu, arus energi dalam ekosistem, daur hara dalam ekosistem, ekologi populasi, interaksi antar populasi berbagai spesies, ekologi dan evolusi, ekologi komunitas, dan isu-isu yang terkait dengan ekologi manusia (pertanian dan pangan manusia, Polusi dan pemanasan global, dan ekologi dan konservasi).
Pengetahuan tentang biologi dewasa ini disadari fungsi pentingnya bagi kesejahteraan manusia. Dengan demikian pengetahuan tentang biologi sangat diperlukan sebagai dasar untuk pengembangan ilmu-ilmu lanjutan. Oleh karena itu diperlukan mata kuliah Ekologi yang merupakan mata kuliah lanjut yang diberikan bagi yang tertarik ke bidang minat kajian Lingkungan. Mata kuliah ini diberikan untuk membantu pemahaman yang komprehensif tentang hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Dengan demikian mahasiswa yang telah mengikuti kuliah ini diharapkan mampu menerapkan dalam pengembangan pengetahuan dan teknologi sesuai dengan bidangnya
- Tujuan pembelajaran
Pada akhir kuliah mahasiswa dapat mensintesa dan mengevaluasi konsep-konsep yang dipelajari di dalam ekologi. Juga, mahasiswa mampu menggunakan dan menerapkan konsep-konsep ekologi dalam melakukan tugas akhir mahasiswa
7. Hasil pembelajaran (Learning outcomes– LO)
- Menguasai prinsip-prinsip biologi, sumber daya hayati dan lingkungan, melalui
- Menguasai konsep biodiversitas dengan penekanan biodiversitas Kalimantan
- Menguasai konsep proses pemanfaatan biodiversitas dalam pengembangan pangan, energy dan obat
- Menguasai konsep sumber daya hayati lokal Kalimantan sebagai bahan untuk pengembangan pangan, energy dan obat
- Menguasai konsep permasalahan lingkungan yang ditimbulkan oleh aktivitas antropogenik (pemukiman, pertambangan, perkebunan)
Materi Pembelajaran
Praktikum
Penilaian
No | Komponen Nilai | Prosentase (%) |
1 | Praktikum | 25 |
2 | Ujian Tengah Semester | 30 |
3 | Tugas | 15 |
4 | Ujian Akhir | 30 |
Referensi
- Brower, J. E., J. H. Zar dan C. N. Von Ende. 1989. Field and Laboratory Methods for General Ecology. Third edition. Wm.C.Brown Publishers. Dubuque.
- Causton, D. R. 1988. An Introduction to Vegetation Analysis. Un Win Hyman. London.
- Colinvaux, P. 1986. Ecology. John Wiley & Sons. New York.
- Elliot, J. M. 1971. Some Methods for the Statistical Analysis of Samples of Benthic Invertebrates.Scientific Publication No. 25. Freshwater Biological Association. London.
- Greigh-Smith, P. 1983. Quantitative Plant Ecology. Third Edition. University of California Press. Berkeley.
- Krebs, C. J. 1989. Ecological Methodology. Harper & Row Publishers. New York.
- Krebs, C. J. 1978. Ecology the Experimental Analysis of Distribution and abundance. Second Edition. Harper and Row Publisher. New York.
- Ludwig, J. A. dan J. F. Reynold. Statistical Ecology: A Primer on Methods and Computing.John Wiley & Sons Inc. New York.
- Odum, E. P. 1971. Fundamental of Ecology. Third Edition. W.B. Saunders Company. London.
- Pielou, E. C. 1975. Ecological Diversity. John Wiley & Sons Inc. New York.
- Philips, E. A. 1959. Methods of Vegetation Study. Henry Holt and Co.Inc. California.
- Retnaningdyah, C., E. Arisoesilaningsih dan B. Yanuwiadi. 2002. Penuntun Praktikum Ekologi. Jurusan Biologi FMIPA Universitas Brawijaya. Malang.
Penilaian terhadap dosen :
1 | Kehadiran dosen selalu sesuai jadwal |
2 | Materi kuliah sesuai dengan silabi |
3 | Sumber/bahan kuliah terdapat di Ruang Baca |
4 | Dosen memberikan referensi pendukung |
5 | Materi kuliah mudah dipahami |
6 | Penguasaan dosen terhadap materi kuliah |
7 | Banyak mendapat materi/sesuatu yang baru |
8 | Dosen memberikan latihan dan pembahasan soalnya |
9 | Dosen sangat membantu dalam belajar (memberi kesempatan bertanya, konsultasi, diskusi, dsb) |
10 | Soal/kuis/tes sesuai dengan materi kuliah |
11 | Soal/kuis/tes tidak terlalu sukar/sedang |
12 | Dosen transparan dalam memberikan nilai akhir |
13 | Dosen memanfaatkan fasilitas media pembelajaran e-learning ULM |
14 | Dosen aktif melakukan diskusi forum dan mengadakan quiz pada e-learning |
15 | Dosen membagikan materi bahan belajar yang disebarkan melalui e-learning |
Penilaian terhadap mahasiswa :
1 | Kehadiran mahasiswa selalu sesuai jadwal |
2 | Mahasiswa mengkritisi materi kuliah yang diberikan dosen sesuai silabi |
3 | Mahasiswa mencari dan memeroleh sumber/bahan kuliah di Ruang Baca |
4 | Mahasiswa dapat menemukan dan meringkas referensi pendukung |
5 | Mahasiswa memahami materi kuliah yang diberikan dosen |
6 | Mahasiswa menguasai materi kuliah yang diajarkan dosen |
7 | Mahasiswa mengembangkan materi/sesuatu yang baru dari dosen |
8 | Mahasiswa mengerjakan latihan dan pembahasan soalnya |
9 | Mahasiswa memanfaatkan bantuan dosen dalam belajar |
10 | Mahasiswa mengerjakan soal/kuis/tes sesuai dengan materi kuliah |
11 | Soal/kuis/tes tidak terlalu sukar/sedang |
12 | Mahasiswa mendapatkan nilai akhir yang transparan |
13 | Mahasiswa memanfaatkan fasilitas media pembelajaran e-learning ULM |
14 | Mahasiswa aktif melakukan diskusi forum dan quiz pada e-learning |
15 | Mahasiswa memelajari materi bahan belajar melalui e-learning |
Poin-poin penting terkait mata kuliah dan praktikum Ekologi Dasar :
- Kegiatan praktikum memiliki moto fun to learning.
- Semua praktikum ekologi sebisanya dibawa ke lapangan, karena real cases nya ada dilapangan, jangan hanya “bekisah” saja.
- Beritahu mahasiswa apa yg akan dikerjakan dilapangan, target dan capaiannnya harus jelas. Begitu juga sistem penilaiannya.
- Proses penilaian harus memberikan ruang seluas-luasnya kepada mahasiswa untuk menunjukkan kemampuannya secara maksimal, bukan seleksi kemampuan tapi promosi kemampuan mahasiswa secara maksimal. Silahkan pilih instrument secara optimal.
- Kuliah kita bagi, 16 x pertemuan dibagi dengan jumlah dosen pengajar. Di dalamnya sudah termasuk evaluasi. Evaluasi dilakukan pada saat mahasiswa sudah dianggap memenuhi kompetensi topik yang diberikan, baik singel thopic atau pun colective thopic. Kompetensi disusun berdasarkan acuan atau kenyataan “kita tidak bisa mengubah batu bara menjadi intan”. Silahkan ditinjau dari aspek perspectif, strategis, tapi tetap berpegang pada prinsip “semua mahasiswa pasti belajar, cuma waktu dan expectasinya berbeda-beda”. Kita hanya mampu memberikan inspirasi kepada mereka tapi jangan paksa mereka untuk ikut kita, tak berguna. Karena masalah mereka nanti tidak pernah sama dengan masalah kita.
- Kegiatan ke lapangan kompromikan waktu dengan berbagai kondisi, kalau memberikan tugas kemahasiswa harus tanggung jawab mampu mendampingi dan menyelesaikan.
- Jangan mengeksploitasi mahasiswa untuk mengumpulkan data demi kepentingan kita, harus ada manfaat yang jelas dan bisa diterima kepada mahasiswa. Jangan juga menyusahkan diri sendiri, masih banyak pekerjaan yang harus kita selesaikan.
- Instruksi-instruksi yang kita berikan harus sangat jelas, termasuk agreements dan serta akibatnya tidak boleh merugikan ke mahasiswa terutama dari sisi waktu.