RPS (Rencana Pembelajaran Semester) Ekotoksikologi – Biologi

A. Capaian Pembelajaran (CP)
A.1. Capaian Pembelajaran Lulusan CPL
A.1.1. Sikap
1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious.
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
11. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan akhlak mulia serta memiliki motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat.
12. Memiliki karakter religius, waja sampai kaputing.
A.1.2. Keterampilan Umum
1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu
pengetahuan dan
2. teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
3. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
4. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis
informasi data
5. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian
pekerjaan yang
6. ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
7. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu
mengelola secara mandiri
A.2. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
1. Mahasiswa mampu mendeskripsikan pengertian, konsep dasar, sejarah perkembangan dan kaitan toksikologi dengan ilmu lain.
2. Mahasiswa mampu mendeskripsikan klasifikasi toksikan; hubungan dosis-respon; pengaruh senyawa toksik terhadap sistem kehidupan
3. Mahasiswa mampu mengidentifikasi nasib senyawa pencemar di lingkungan (perairan, udara dan tanah), Mahasiswa mampu menggunakan sains dan teknologi untuk pengembangan Ekotoksikologi di lingkungan lahan basah
4. Mahasiswa mampu menghargai nilai kearifan lokal
B. Deskripsi Singkat MK
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah keahlian (MKK) dan sifatnya pilihan bagi mahasiswa di program studi Biologi FMIPA Universitas Lambung Mangkurat. Dengan kurikulum merdeka, maka tidak menutup kemungkinan peserta mata kuliah ini dari luar Program Studi Biologi.
Visi mata kuliah Ekotoksikologi ini adalah : mengantarkan mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan dan pemahaman serta tanggungjawab mahasiswa terhadap pengembangan potensi Ekotoksikologi dengan bantuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam berkehidupan bermasyarakat dan bernegara.
Misi mata kuliah ini adalah :
1) Memberikan landasan pengetahuan, wawasan serta keyakinan kepada mahasiswa sebagai bekal hidup bermasyarakat baik sebagai individu, makhluk sosial, maupun sebagai hamba Allah yang beradab.
2) Memberikan keterampilan pengelolaan Ekotoksikologi agar mahasiswa bertanggung jawab terhadap pengelolaan biodiversitas di Lingkungan Lahan Basah.
C. Pokok Bahasan
Pertemuan Kuliah ke-
1. Kontrak Kuliah dan Pengertian Ekotoksikologi
2. Sumber Polutan dan Terjadinya Pencemaran
3. Bahan Pestisida dan daya kerja
4. Logam Berat dan Daya Kerja
5. Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3)
6. Potensi toksisitas bahan polutan
7. Analisa Kimia dan Biokimia Bahan Polutan
8. UTS untuk BK/PB : 2 – 7
9. Agen dan perilaku pejamu (host) terhadap polutan
10. Pengukuran paparan dan perubahan populasi
11. Karakteristik dan Standardisasi Uji Toksikan
12. Sistem dan Model Ekotoksikologi
13. Studi kasus Ekotoksikologi (Promosi Kesehatan Tingkat Populasi)
14. Studi kasus Ekotoksikologi (Ketahanan Ekologi Lanskap)
15.. Sumatif (UTS) untuk BK/PB : 9 – 14
D. Pustaka Utama
1. Connel,D.W., and G.J. Miller. 1995. Kimia dan Ekotoksikologi Pencemaran. Penerbit UI-Press.
2. Moriarty, F. 1999. 3rd ed. Ecotoxicology: The Study of Pollutants in Ecosystems. Academic Press. London.
3. Soemirat, Juli. 2015. Epidemiologi Lingkungan. Edisi Ketiga (Cetakan Kelima). Gadjah Mada University Press, Yogyakarta
Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.